Beranda | Artikel
Contoh Kesempurnaan Islam - Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Numan, Lc.)
Jumat, 2 Februari 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Fachrudin Nu`man

Contoh Kesempurnaan Islam – Prinsip Dasar Islam merupakan ceramah agama Islam oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.

Download juga kajian sebelumnya: Definisi Bid’ah – Prinsip Dasar Islam

Ceramah Agama Islam Tentang Contoh Kesempurnaan Islam – Prinsip Dasar Islam

Allah subhanahu wa ta’ala telah menjelaskan ushul dan furu’ agama di dalam Al-Qur’an. Allah telah menjelaskan tentang tauhid dengan segala macam-macamnya. Sampai tentang bergaul dengan sesama manusia seperti adab tata krama pertemuan, tata cara meminta izin dan lain sebagainya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّـهُ لَكُمْ ۖ…

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu…” (QS. Al-Mujadillah [58]: 11)

Juga firman Allah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ ﴿٢٧﴾ فَإِن لَّمْ تَجِدُوا فِيهَا أَحَدًا فَلَا تَدْخُلُوهَا حَتَّىٰ يُؤْذَنَ لَكُمْ ۖ وَإِن قِيلَ لَكُمُ ارْجِعُوا فَارْجِعُوا ۖ هُوَ أَزْكَىٰ لَكُمْ ۚ وَاللَّـهُ بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ ﴿٢٨﴾

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat. Jika kamu tidak menemui seorangpun didalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu: “Kembali (saja)lah, maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. An-Nur [24]: 28)

Allah subhanahu wa ta’ala juga telah menjelaskan kepada kita tentang kewajiban wanita muslimah untuk menggunakan jilbab yang sesuai dengan syari’at. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّـهُ غَفُورًا رَّحِيمًا ﴿٥٩﴾

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab [33]: 59)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama tentang Contoh Kesempurnaan Islam – Prinsip Dasar Islam



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30000-contoh-kesempurnaan-islam-prinsip-dasar-islam-ustadz-fachrudin-numan-lc/